Ketentuan Layanan
Terima kasih telah menggunakan layanan kami. ayoonline.id merupakan situs penyedia layanan pembuatan website, desain logo dan layanan berbasis website lainnya. Para pihak dinyatakan tunduk pada perjanjian serta segala aturannya.
Ketentuan layanan ini sifatnya memaksa, setiap pelanggan harus patuh dengan ketentuan ini. Perjanjian hukum (terms of service) yang ditetapkan di bawah ini mengatur hak dan kewajiban ayoonline.id (“provider”) dan pengguna layanan (“pelanggan”). Pengguna layanan dianggap telah memahami dan menyetujui semua isi dari perjanjian dan mengikat secara hukum.
Perjanjian (terms of service) ini adalah perjanjian baku yang ditetapkan oleh pihak provider (“ayoonline.id”) untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penggunaan. Apabila ada pertentangan mengenai syarat dan ketentuan dalam dokumen terms of service ini, silahkan hubungi kami untuk penjelasan lebih lanjut.
Penggunaan Layanan
- Batasan usia. Segala bentuk produk dan layanan dari provider tunduk terhadap aturan hukum pidana dan perdata serta aturan turunannya, termasuk batasan usia pihak yang bersepakat.
- Pihak ketiga. Segala bentuk kesepakatan yang pelanggan lakukan dengan pihak ketiga, baik berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pelanggan, termasuk akses, konten, serta biaya yang ditagihkan.
- Akses layanan. Untuk dapat menggunakan layanan yang disediakan oleh provider, pelanggan mungkin memerlukan perangkat dan sistem yang kompatibel.
- Akses tidak sah. Pelanggan wajib menjaga kerahasiaan akses yang pihak provider berikan dan tidak boleh membagikannya pada orang lain.
- Hak akses provider. Provider (“ayoonline.id”) memiliki hak untuk akses halaman client dan control panel milik pelanggan untuk kebutuhan bantuan teknis serta hal lain terkait pengawasan dan peningkatan layanan.
- Pembaharuan layanan Provider berupaya untuk memberikan layanan dan produk berkualitas kepada pelanggan. Oleh karena itu segala bentuk pembaruan sistem (maintenance) dapat dilakukan secara otomatis tanpa pemberitahuan sebelumnya.
Data Pelanggan
Provider menjamin keamanan data pribadi pelanggan di bawah undang-undang dan moral kebijakan privasi. Segala bentuk akses terhadap produk, layanan, serta pembayaran wajib memakai data dan informasi asli dari pelanggan. Berikut syarat dan ketentuan kebijakan privasi yang harus dipenuhi:
- Pelanggan wajib memberikan data berupa nama lengkap (pribadi/perusahaan), nomor telepon, email aktif dan informasi pribadi lainnya yang mungkin dibutuhkan untuk memakai layanan dari provider.
- Segala bentuk pengubahan, penggantian dan penambahan informasi serta data pelanggan baik karena kesalahan pengisian maupun perubahan hak kelola harus dilakukan dengan mengirimkan pernyataan resmi pelanggan ke provider.
- Segala bentuk pemberitahuan dari provider akan dikirimkan melalui email yang pelanggan berikan. Kegagalan penerimaan dan pembacaan email adalah sepenuhnya tanggung jawab pelanggan.
- Provider berhak mengirimkan email baik berupa pemberitahuan, sales letter, newsletter, product campaign dan penawaran kepada pelanggan serta semua jenis notifikasi yang diatur di dalam kebijakan privasi.
- Perjanjian ini mengikat bagi para pihak yang bersepakat. Segala bentuk alih kelola akses dan layanan tidak diperbolehkan, kecuali pelanggan telah mengirimkan pemberitahuan alih kelola kepada provider.
- Apabila pembelian paket layanan adalah untuk kebutuhan pihak ketiga, maka harus dilampirkan informasi yang jelas terkait hak kelola dan hak milik dari website tersebut.
- Segala bentuk klaim terkait hak pengelolaan dan hak kepemilikan website harus dibuktikan dengan pernyataan atau dokumen tertulis kepada provider.
- Provider dapat menangguhkan segala bentuk paket layanan yang telah dibeli hingga proses sengketa selesai.
- Apabila ada klaim dari pihak kedua dan pihak ketiga, maka sengketa harus diselesaikan di pengadilan dan wajib mendapatkan putusan berkekuatan hukum tetap dari hakim.
- Perubahan data, dan pengelolaan yang disebabkan oleh kematian pihak kedua harus dibuktikan dengan surat keterangan resmi dari pihak berwenang.
- Provider memiliki hak terhadap akses client area dan control panel untuk memeriksa apakah pihak kedua telah menggunakan layanan sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku.
Kepemilikan & Hak Akses
- Bukti kepemilikan dan hak akses layanan adalah kontrak yang pelanggan sepakati dan tanda tangani.
- Apabila terjadi sengketa kepemilikan dan hak akses terhadap layanan, provider akan melakukan suspend terhadap akun selama 7x24 jam sejak verifikasi laporan klaim.
- Provider akan mengirimkan pemberitahuan ke kontak pihak yang menandatangani kontrak penggunaan layanan.
- Apabila pelanggan tidak merespons pemberitahuan dari provider hingga waktu yang ditetapkan, maka provider akan segera memproses semua klaim yang diajukan dengan protokol penyelesaian sengketa dan klaim ayoonline.id.
- Segala klaim kepemilikan dan hak akses harus disertai dengan bukti-bukti kuat berupa kontrak, kuitansi, rekam jejak komunikasi, atau putusan resmi dari pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.
Hak Atas Kekayaan Intelektual
Kepemilikan atas konten, fitur, fungsi (termasuk dan tidak terbatas untuk semua informasi, data, teks, tampilan, gambar, video, audio, design, struktur dan lain sebagainya), sepenuhnya adalah hak milik pihak kedua, penyedia lisensi ataupun provider lain. Seluruh konten, informasi dan data dari website pelanggan akan dilindungi oleh peraturan perundang-undangan, copyrights, trademarks, aturan rahasia dagang serta aturan lain yang mengatur tentang properti intelektual.
Kebijakan Konten
Provider sangat menjunjung aturan hukum dan moral publik di Indonesia. Mengunggah konten yang melawan hukum artinya melanggar kebijakan layanan dan dapat dikenakan sanksi berupa penghentian layanan. Berikut beberapa jenis konten yang tidak diterima oleh kebijakan layanan dari provider:
- Pornografi, kekerasan, penghinaan, Hoax dan SARA.
- Semua konten yang mengakibatkan timbulnya keresahan di masyarakat.
- Melanggar hak kekayaan intelektual dan hak cipta pemilik asli.
- Konten yang dapat menyebarkan kebencian di masyarakat.
- Konten penipuan, ponzi, phising atau fungsi lain berupa tindakan tidak sah.
- Segala materi ilegal yang diatur oleh undang-undang dan aturan turunan lainnya.
Hosting & Domain
Provider bukan penyedia layanan hosting. Provider bekerja sama dengan beberapa penyedia layanan hosting untuk mempublikasi website pelanggan. Segala permasalahan terkait hosting bukan tanggung jawab dari provider (“ayoonline.id”). Pelanggan juga tunduk dengan aturan dan batasan dari penyedia layanan hosting. Provider juga menerapkan batasan ukuran konten sebesar 100 megabyte per file untuk menjamin kualitas penyimpanan dan layanan lanjutan lainnya. Pembatasan layanan ini dapat bertambah ataupun berkurang dan disesuaikan dengan kebijakan yang dibuat oleh provider.
Provider juga bukanlah pemilik atau pengelola domain, provider hanya membantu pelanggan untuk melakukan registrasi domain (reseller). Pelanggan juga akan tunduk pada seluruh syarat dan ketentuan, serta kebijakan yang dibuat oleh penyedia domain pusat. Domain yang didaftarkan melalui penyedia layanan hosting adalah dalam bentuk pinjaman. Pembelian (hak milik) yang dimaksud adalah masa pemakaian dan fitur pada layanan, atau hak akses terhadap domain.
Provider juga tidak bertanggung jawab atas nama domain yang telah didaftarkan lebih dahulu oleh pihak lain karena keterlambatan proses pelunasan pembayaran yang disebabkan oleh kesalahan sistem, disebabkan oleh jam operasional provider atau gangguan lain pada sistem dan registrant. Seluruh aktivitas dan kebijakan yang dibuat oleh provider untuk registrasi domain Indonesia tunduk pada aturan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) dan/atau peraturan lain yang terkait dengan perlindungan konsumen di Indonesia.
Layanan domain gratis bagi pelanggan yang telah melakukan pemesanan website berlaku untuk domain .com, .net, .xyz, .org, .us, .name, .my.id dan .web.id. Apabila pelanggan ingin menggunakan domain lainnya maka akan dikenakan biaya tambahan sesuai harga yang berlaku. Domain name yang sudah dipesan tidak dapat diubah kecuali pelanggan bersedia dikenakan biaya pemesanan domain baru.
Pemesanan & Pembayaran
- Biaya layanan. Provider merupakan penyedia produk dan layanan pembuatan website berbayar. Pelanggan bisa mendapatkan layanan berdasarkan paket yang telah dibeli sebelumnya. Segala bentuk penambahan fitur dan layanan dapat dikenakan biaya tambahan serta syarat ketentuan berlaku.
- Pemesanan produk & layanan. Saat pelanggan membeli layanan dari provider, pelanggan mungkin akan mendapatkan kontrak lain di luar terms of service untuk beberapa kondisi khusus, seperti permintaan penambahan layanan atau permintaan fitur lain di luar paket.
- Konfirmasi sistem. Setiap pembelian dan pembayaran harus terkonfirmasi oleh sistem. Kegagalan terhadap aktivasi paket bukan tanggung jawab dari pihak ayoonline.id. Oleh karena itu, harap melakukan konfirmasi secara langsung setelah pembayaran.
- Keterlambatan. Keterlambatan pembayaran yang melebihi batas waktu jatuh tempo dapat mengakibatkan website tidak dapat online kembali.
- Klaim kerugian. Pelanggan dapat menerima pengembalian uang atas kegagalan aktivasi pemesanan website.
- Kelebihan pembayaran. Provider akan mengembalikan kelebihan pembayaran yang disebabkan oleh kelalaian pelanggan namun biaya admin transfer ditanggung oleh pelanggan.
- Pembatalan pesanan. Provider dapat membatalkan pesanan pelanggan apabila pelanggan telah melakukan pelanggaran, tidak membayar atau tidak dapat dihubungi.
Pelanggaran & Tindakan
Setiap pelanggaran akan dikenakan tindakan berupa sanksi, mulai dari suspend untuk pelanggaran ringan (etika) dan pembatalan layanan untuk pelanggaran berat (hacking dan pengulangan). Setiap pembatalan layanan yang disebabkan oleh pelanggaran tidak mendapat pengembalian (refund) paket yang telah dibeli. Adapun pelanggaran yang dimaksud adalah pemakaian diluar batas wajar, spam, hacking dan akses tidak sah.
Perubahan Layanan & Harga
Setiap produk, jenis, dan spesifikasi layanan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dari provider. Pelanggan akan mendapatkan pemberitahuan perubahan harga dan layanan apabila akan melakukan perpanjangan layanan pada hari durasi paket habis. Segala kerugian baik materiil maupun immateriil pihak kedua bukanlah menjadi tanggung jawab provider (“ayoonline.id”).
Kebijakan Keterbukaan Hukum
Provider sangat mendukung keterbukaan hukum di Indonesia. Oleh karena itu, segala bentuk akses yang dilakukan oleh instansi berwenang untuk kebutuhan proses penyelidikan ke akun milik pelanggan tidak dapat digugat dalam bentuk apapun.
Perubahan Ketentuan Layanan
Provider berhak mengubah, menambah, mengurangi, dan menghapus ketentuan dalam terms of service ini dengan atau tanpa pemberitahuan kepada pelanggan. Segala bentuk perubahan syarat dan ketentuan bisa diketahui dari pernyataan “diperbarui sejak” pada bagian atas dan/atau bawah ketentuan ini.
Diperbarui tanggal 21 Januari 2021